BAHAN AJAR 1
Mata Pelajaran : Biologi Semester : Ganjil
Kelas : X Tahun
Pelajaran : 2012/2013
Standar Kompetnsi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup
Biologi
Indikator :
·
Mendeskripsikan
karakteristik Biologi sebagai ilmu
·
Menjelaskan ruang
lingkup Biologi
·
Menyebutkan
cabang-cabang ilmu Biologi
·
Menyimpulkan ciri-ciri
makhluk hidup
·
Menjelaskan manfaat
ilmu Biologi bagi Kehidupan
Judul/Topik : RUANG LINGKUP BIOLOGI
A.
Uraian Materi Bahan Ajar Tatap Muka
Biologi adalah ilmu yang
mengkaji dan mempelajari tentang mahluk hidup
Jadi Biologi merupakan ilmu pengetahuan yang paling dekat dengan kehidupan.
Biologi merupakan bidang ilmu yang luas, bagian dari IPA serta berkaitan
dengan ilmu-ilmu yang lain contohnya fisika, kimia. Geografi .
Biologi termasuk dalam ilmu Sains Sains adalah ilmu pengetahuan tentang
fenomena-fenomena /kejadian-kejadian di alam untuk mempempelajari alam apa
adanya
Ciri-ciri ilmu pengetahuan alam (SAINS) termasuk biologi yaitu:
1.
Objek kajian berupa benda konkret dan
dapat ditangkap indera
2.
Dikembangkan berdasarkan pengalaman
empiris (pengalaman nyata)
3.
Memiliki langkah-langkah sistematis
yang bersifat baku
4.
Menggunakan cara berpikir logis, yang
bersifat deduktif artinya berpikir dengan menarik kesimpulan dari hal-hal yang
khusus menjadi ketentuan yang berlaku umum. Bersifat induktif berarti berpikir
dengan menarik dari hal-hal umum menjadi khusus
5.
Hasilnya bersifat obyektif atau apa
adanya, terhindar dari kepentingan pelaku (subyektif)
6.
Hasil berupa hukum-hukum yang berlaku
umum, dimanapun diberlakukan.
Ruang lingkup Biologi
Berdasarkan struktur keilmuan menurut BSCS (Biological Science Curricullum
Study, Mayer 1980) bahwa ruang lingkup biologi meliputi obyek biologi berupa:
1.
Kingdom animalia
2.
Kingdom plantae
3.
Kingdom fungi
4.
Kingdom protista
5.
Kingdom eubacteria
6.
Kingdom archaebacteria
Pembahasan permasalahan biologi meliputi 9 tema dasar yaitu:
1. Biologi (sains) sebagai proses inkuiri
2. Sejarah konsep biologi
3. Evolusi
4. Keanekaragaman dan keseragaman
5. Genetika dan kelangsungan hidup
6. Organisme dan lingkungan
7. Perilaku
8. Struktur dan fungsi
9. Regulasi
Ditinjau tingkat organisasi kehidupan, pembahasan biologi dimulai dari:
1.
Molekul (virus)
2.
Sel (protozoa, bakteri dan tumbuhan
uniseluler)
3.
Jaringan (porifera &
coelenterata)
4.
Organ (hati, ginjal, dll)
5.
Sistem organ (sistem sirkulasi,
sistem transportasi, dll)
6.
Individu (manusia)
7.
Populasi (kumpulan individu yang sama
di daerah yang sama
8.
Komunitas (kumpulan beberapa
populasi)
9.
Ekosistem (kumpulan beberapa
komunitas dengan lingkungan abiotiknya)
10.
Bioma (ekosistem dalam skala yang
luas)
11.
Biosfer (kumpulan seluruh bioma
dipermukaan bumi).
Cabang Biologi
Karena ruang lingkup yang luas maka ilmu biologi
berkembang membentuk cabang-cabang ilmu biologi berdasarkan kriteria-kriteria
tertentu yaitu: tingkat organisasi kehidupan, kelompok organisme, aspek
kehidupan atau kaitannya dengan ilmu lain (sebagai ilmu campuran, terapan).
Cabang-Cabang Ilmu Biologi dan Penjelasannya
1. Anatomi : Ilmu yang
mempelajari tentang bagian-bagian struktur tubuh dalam makhluk hidup
2. Agronomi : Ilmu yang
mempelajari tentang tanaman budidaya
3. Andrologi : Ilmu yang mempelajari tentang
macam hormon dan kelainan reproduksi pria
4. Algologi : Ilmu yang
mempelajari tentang alga/ganggan
5. Botani : ilmu yang
mempelajari tentang tumbuhan
6. Bakteriologi : Ilmu
yang mempelajari tentang bakteri
7. Biologi molekuler :
Ilmu yang mempelajari tentang kajian biologi pada tingkat moleku
8. Bioteknologi : Ilmu yang mempelajari tentang
penggunaan penerapan proses biologi secara terpadu yang meliputi
prosesbiokimia, mikrobiologi, rekayasa kimia untuk bahan pangan dan peningkatan
kesejahteraan manusia.
9. Bryologi, ilmu yang
mempelajari tentang lumut
10. Kardiologi, ilmu
yang mempelajari tentang jantung dan pembuluh darah
11. Dendrologi, ilmu
yang mempelajari tentang pohon maupun tumbuhan berkayu lainnya, seperti liang
12. Ekologi : Ilmu yang
mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan
lingkungan
13. Embriologi : Ilmu yang mempelajari tentang
perkembangan embrio
14. Entomologi : Ilmu yang mempelajari tentang
serangga
15. Enzimologi : ilmu yang mempelajari tentang
enzim
16. Evolusi : Ilmu yang
mempelajari tentang perubahan struktur tubuhmakhluk hidup secara perlahan-lahan
dalam waktu yang lama
17. Epidemiologi : Ilmu yang mempelajari tentang
penularan penyakit
18. Eugenetika : Ilmu yang mempelajari tentang
hukum pewarisan sifat
19. Endokrinologi : Ilmu
yang mempelajari tentang hormone
20. Enzimologi : Ilmu
yang mempelajari tentang enzimFisiologi : Ilmu yang mempelajari tentang faal
(fungsi kerja) organ tubuh
21. Fisiologi, Ilmu yang
mempelajari tentang faal/fungsi kerja tubuh
22. Fisioterapi : Ilmu
yang mempelajari tentang pengobatan terhadappenderita yang mengalami kelumpuhan
atau gangguan otot
23. Farmakologi : Ilmu
yang mempelajari tentang obat-obatanGenetika : Ilmu yang mempelajari tentang
pewarisan sifat
24. Genetika, ilmu yang mempelajari tentang pewarisan
sifat
25. Histologi : Ilmu
yang mempelajari tentang jaringan
26. Higiene : Ilmu yang
mempelajari tentang pemeliharaan kesehatan makhluk hidup
27. Harpetologi, ilmu
yang mempelajari reptilia/ular
28. Imunologi : Ilmu
yang mempelajari tentang sistem kekebalan (imun) tubuh
29. Ichtiologi : Ilmu yang
mempelajari tentang ikan
30. Karsinologi : Ilmu
yang mempelajari tentang crustacean
31. Klimatologi : Ilmu
yang mempelajari tentang iklim
32. Limnologi : Ilmu
yang mempelajari tentang perairan mengalir
33. Mamologi, ilmu yang
mempelajari tentang mammalian
34. Mikologi, ilmu yang
mempelajari tentang jamur
35. Mikrobiologi : Ilmu yang mempelajari tentang
mikroorganisme
36. Malakologi : Ilmu
yang mempelajari tentang moluska
37. Morfologi : Ilmu yang mempelajari tentang bentuk
atau ciri luarorganisme
38. Mikologi : Ilmu yang
mempelajari tentang jamur
39. Neurologi, Ilmu yang
menangani penyimpangan pada sistem saraf
40. Nematologi, ilmu yang mempelajari tentang
nematode
41. Organologi : Ilmu yang mempelajari tentang
organ
42. Onkologi, ilmu yang mempelajari tentang kanker
dan cara pencegahannya
43. Onthogeni : Ilmu
yang mempelajari tentang perkembangan makhluk hidup dari zigot menjadi dewasa
44. Ornitologi : Ilmu
yang mempelajari tentang burung
45. Phylogeni : Ilmu
yang mempelajari tentang perkembangan makhlukhidup
46. Patologi : Ilmu yang
mempelajari tentang penyakit dan pengaruh-nya bagi manusia
47. Palaentologi : Ilmu
yang mempelajari tentang fosil
48. Paleobotani, ilmu
yang mempelajari tumbuhan masa lampau
49. Paleozoologi, ilmu
yang mempelajari tentang hewan purba
50. Parasitologi : Ilmu
yang mempelajari tentang makhluk parasit
51. Protozoologi : Ilmu
yang mempelajari tentang Protozoa
52. Primatologi, ilmu
yang mempelajari tentang primate
53. Pulmonologi, ilmu
yang mempelajari tentang paru-paru
54. Radiologi, ilmu
untuk melihat bagian dalam tubuh manusia menggunakan pancaran atau radiasi
gelombang, baik gelombang elektromagnetik maupun gelombang mekanik
55. Rekayasa Genetika,
ilmu yang mempelajari tentang manipulasi sifat genetic
56. Sanitasi : Ilmu yang
mempelajari tentang kesehatan lingkungan
57. Sitologi : Ilmu yang
mempelajari tentang sel
58. Taksonomi : Ilmu
yang mempelajari tentang penggolongan makhluk hidup
59. Teratologi : Ilmu
yang mempelajari tentang cacat janin dalam kandungan
60. Virologi : Ilmu yang
mempelajari tentang virus
Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Mengapa batu disebut makhluk tak hidup,
sedangkan pohon disebut makhluk hidup? Ingatkah kamu bahwa hanya makhluk hidup
yang mempunyai ciri-ciri hidup. Ciri-ciri hidup tersebut adalah bernapas,
bergerak, makan, mengeluarkan zat sisa, tumbuh, berkembangbiak, peka terhadap
rangsang dan beradaptasi.
a.
Bernapas
Ciri utama makhluk dikatakan hidup yaitu bernapas. Ketika bernapas makhluk
Ciri utama makhluk dikatakan hidup yaitu bernapas. Ketika bernapas makhluk
hidup menghirup oksigen (O2) dan menghembuskan karbon dioksida (CO2).
Oksigen diperlukan untuk proses oksidasi zat makanan yang menghasilkan energi
dan karbon dioksida. Energi berguna untuk menjalankan kegiatan hidup.
Reaksi oksidasinya sebagai berikut :
Zat makanan + oksigen —> energi + uap air + karbon dioksida.
Zat makanan + oksigen —> energi + uap air + karbon dioksida.
b.
Bergerak
Ada dua macam gerak yaitu gerak aktif dan gerak
pasif. Gerak aktif adalah gerak berpindah tempat misalnya dengan kaki, sayap
dan sirip. Gerak pasif misalnya ditunjukkan oleh tumbuhan. Tumbuhan tidak dapat
berpindah tempat, tetapi menggerakkan sebagaian tubuhnya.
Contohnya gerak daun menguncup, gerak batang menghadap cahaya, gerak
akar mendekati sumber air serta gerak mekarnya bunga.
c. Peka terhadap Rangsang
Makhluk hidup peka terhadap perubahan yang
terjadi disekitarnya. Alat pengenal lingkungan pada manusia dan hewan berupa
indra. Indra peka terhadap rangsang. Rangsang dapat berupa cahaya, bunyi, bau,
rasa atau sentuhan. Dengan adanya indra yang peka terhadap rangsang-rangsang
tersebut, manusia dan hewan mempunyai kemampuan melihat, mendengar, mencium,
mengecap rasa dan menyentuh/meraba.
Tumbuhan tidak mempunyai alat indra, tetapi
peka terhadap rangsang. Misalnya tumbuhan putri malu menguncupkan daunnya jika
disentuh dan pertumbuhan batang kearah cahaya matahari.
d.
Makan
Makanan diperlukan oleh makhluk hidup sebagai
sumber energi, untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak. Tumbuhan hijau
memperoleh makanan dengan memproduksi sendiri. Tumbuhan hijau sebagai produsen
mengolah zat-zat anorganik menjadi zat organic melalui proses fotosintesis.
Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya.
Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya.
Tumbuhan tak berhijau daun, hewan dan manusia
tidak dapat membuat makanan sendiri. Mereka memanfaatkan makanan dari hasil
fotosintesis tumbuhan hijau dan sumber lain dari hewan dan alam.
e. Mengeluarkan Zat Sisa
Dalam proses penyerapan makanan, terbentuklah
zat sisa yang merupakan zat yang tidak terserap oleh tubuh. Zat-zat itu disebut
zat sisa oksidasi biologis, misalnya air dan karbon dioksida.Berdasarkan
aktivitas tubuh dan hasilnya, pengeluaran zat-zat sisa dibedakan atas :
Ekskresi, Respirasi, Defekasi.
·
Ekskresi, merupakan pengeluaran zat-zat sisa yang dilakukan oleh kulit dan
ginjal. Kulit akan mengeluarkan zat sisa yang dinamakan keringat karena adanya
kelenjar keringat di bawah kulit. Ginjal akan menyaring darah dan mengeluarkan
zat sisa yang disebut urine.
·
Respirasi, merupakan pengeluaran CO2 sebagai zat sisa proses respirasi yang
dikeluarkan melalui hidung.
• Defekasi, merupakan pengeluaran zat sisa pencernaan makanan yang berupa tinja (feses) melalui anus.
• Defekasi, merupakan pengeluaran zat sisa pencernaan makanan yang berupa tinja (feses) melalui anus.
f. Tumbuh
Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
Pertumbuhan meliputi perubahan ukuran tubuh, yaitu luas, tinggi dan berat.
Perkembangan adalah perubahan menjadi dewasa.
g.
Berkembang Biak Berkembang biak
Makhluk hidup berkembang biak untuk
menghasilkan keturunan. Cara
perkembangbiakan makhluk hidup berbeda-beda. Hewan
berkembang biak antara lain dengan melahirkan, bertelur, bertelur-melahirkan,
bertunas, fragmentasi atau membelah diri. Tumbuhan berkembang biak secara alami
dan buatan.
Perkembangbiakan alami pada tumbuhan
yaitu dengan biji (kawin) dan dengan tidak kawin, misalnya membelah diri,
spora, tunas, umbi, geragih dan akar tinggal. Perkembangbikan tumbuhan secara
buatan, misalnya stek, cangkok, runduk dan kultur jaringan.
h.
Beradaptasi
Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan
lingkungan. Macam-macam adaptasi makhluk hidup adalah adaptasi morfologi,
adaptasi tingkah laku, dan adaptasi fisiologi.
Adaptasi morfologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan yang berhubungan dengan bentuk tubuh atau alat tubuh. Contoh pada katak dan itik terdapat selapu renang pada kakinya untuk berenang.
Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Contoh : hewan bermigrasi ke lain tempat yang banyak sumber makanan.
Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Contoh : berkeringat saat cuaca panas.
Adaptasi morfologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan yang berhubungan dengan bentuk tubuh atau alat tubuh. Contoh pada katak dan itik terdapat selapu renang pada kakinya untuk berenang.
Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Contoh : hewan bermigrasi ke lain tempat yang banyak sumber makanan.
Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Contoh : berkeringat saat cuaca panas.
Dari ciri-ciri tersebut diatas ada perbedaan ciri hidup yang dimiliki
antara hewan/manusia dengan tumbuhan, anatara lain :
Manfaat Biologi
Ilmu biologi memiliki banyak manfaat, diantaranya:
1)
Bidang Pertanian
1. Penemuan bibit unggul dan pola pemupukkan yang sesuai dapat
meningkatkan produksi pertanian
2. Melalui rekayasa genetika dapat diciptakan jenis tanaman budidaya
yang mampu menghasilkan insektisida sendiri (apel, pir, kol,brokoli, kentang),
buah-buahan tanpa biji (semangka, pepaya, jeruk, anggur)
3. Melalui teknik kultur jaringan tanaman unggul dapat
dibudidayakan/diperbanyak dalam waktu yang singkat.(kelapa sawit, anggrek,
pisang, wortel).
2)
Bidang Industri Makanan
1. Pemanfaatan beberapa jenis mikroorganisme dalam industri makanan,
sehingga makanan yang dihasilkan bersifat tahan lama, memiliki rasa yang
disukai, serta memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Contoh: nata de coco, roti,
keju, tempe, tape, kecap, anggur.
3)
Bidang Kedokteran
1. Ditemukan metode transplantasi (pencangkokan) organ bagi seseorang
yang mengalami kerusakan atau disfungsi organ tubuhnya.
2. Dengan dipelajarinya berbagai macam virus (virologi) membantu
manusia untuk menciptakan berbagai macam vaksin dari virus itu sendiri
3. Penemuan teknik bayi tabung membantu masalah pasutri yang tidak
memiliki keturunan
4. Mikrobiologi kedokteran telah berhasil menemukan berbagai macam
antibiotik untuk berbagai macam bakteri penyebab penyakit.
4)
Bidang Peternakan
1. Dengan adanya ilmu anatomi dan fisiologi hewan ditemukan teknik inseminasi
(kawin suntik) yang bertujuan untuk mendapatkan hewan ternak dengan kualitas
yang baik serta produksi yang meningkat
2. Teknik vertilisasi in vitro . Embrio ternak yang unggul
dihasilkan di luar uterus dalam jumlah tertentu, dan disimpan dalam jangka
waktu tertentu pada nitrogen cair dengan suhu 196oC, kemudian dapat
diimplantasikan ke induk betina tidak unggul dari spesies yang sama dengan
demikian akan cepat diperoleh banyak ternak unggul.
B.
Kegiatan Siswa (Tugas Terstruktur)
-
Kerjakan
LKS
C.
Evaluasi
Soal:
1. Jelaskan pengertian ilmu biologi?
2.
Jelaskan 5 ciri-ciri makhluk hidup?
3. Tuliskan 9 cabang ilmu Biologi yang anda
ketahui?
4.
Tuliskan 4 manfaat ilmu Biologi bagi kehidupan?
Kunci Jawaban :
1.
Biologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai makhluk hidup.
2.
Ciri-ciri makhluk hidup:
·
Respirasi (bernapas), pertukaran gas
antara organisme dengan lingkungannya, bertujuan untuk mendapatkan energy.
·
Peka terhadap rangsang (iritabilitas),
adalah kemampuan organisme dalam menanggapi rangsangan untuk menyesuaikan diri
pada perubahan lingkungan
·
Bergerak, Ada dua macam gerak yaitu gerak aktif
dan gerak pasif. Gerak aktif adalah gerak berpindah tempat misalnya dengan
kaki, sayap dan sirip. Gerak pasif misalnya ditunjukkan oleh tumbuhan. Tumbuhan
tidak dapat berpindah tempat, tetapi menggerakkan sebagaian tubuhnya.
·
Tumbuh, Makhluk hidup mengalami pertumbuhan
dan perkembangan. Pertumbuhan meliputi perubahan ukuran tubuh, yaitu luas,
tinggi dan berat. Perkembangan adalah perubahan menjadi dewasa.
·
Berkembang biak, Makhluk hidup
berkembang biak untuk
menghasilkan keturunan. Cara perkembangbiakan makhluk hidup berbeda-beda. Hewan
berkembang biak antara lain dengan melahirkan, bertelur, bertelur-melahirkan,
bertunas, fragmentasi atau membelah diri. Tumbuhan berkembang biak secara alami dan buatan.
3.
Cabang-cabang ilmu biologi, yaitu:
a. Anatomi
: Ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian struktur tubuh dalam makhluk
hidup
b. Agronomi
: Ilmu yang mempelajari tentang tanaman budidaya
c. Andrologi : Ilmu yang mempelajari tentang
macam hormon dan kelainan reproduksi pria
d. Algologi
: Ilmu yang mempelajari tentang alga/ganggan
e. Botani
: ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
f. Bakteriologi
: Ilmu yang mempelajari tentang bakteri
g. Biologi
molekuler : Ilmu yang mempelajari tentang kajian biologi pada tingkat moleku
h. Bioteknologi : Ilmu yang mempelajari tentang
penggunaan penerapan proses biologi secara terpadu yang meliputi
prosesbiokimia, mikrobiologi, rekayasa kimia untuk bahan pangan dan peningkatan
kesejahteraan manusia.
j. Bryologi,
ilmu yang mempelajari tentang lumut
4.
Manfaat ilmu biologi dalam bidang kehidupan, yaitu:
a. Ditemukan metode transplantasi (pencangkokan) organ bagi seseorang yang
mengalami kerusakan atau disfungsi organ tubuhnya.
b. Dengan dipelajarinya berbagai macam virus (virologi) membantu manusia
untuk menciptakan berbagai macam vaksin dari virus itu sendiri
c. Penemuan teknik bayi tabung membantu masalah pasutri yang tidak
memiliki keturunan
d. Mikrobiologi kedokteran telah berhasil menemukan berbagai macam
antibiotik untuk berbagai macam bakteri penyebab penyakit.
D.
Sumber Bahan Ajar
1. Buku Biologi BSE, Erlangga
2. LKS
Mengetahui Palembang, September 2012
Guru Pamong Mahasiswa
PPL
Dra.
Anna Farida, M.M. Siska Anggraini
NIP: 19650227200003200 NIM:
342009089
Kepala
SMA Negeri 8 Palembang
Dra.Hj. Rusdiana, M.Si.
NIP:
195803031985032003
No comments:
Post a Comment